e

Minggu, 06 September 2009

"INFEKSI CACING PIPIH /Artikel Kesehatan hewan"

INFEKSI CACING PIPIH


Oleh Darryl

(Pinworm Infection)


Agen penginfeksi

Enterobius vermicularis adalah nematode saluran pencernaan.

Pengidentifikasian Infeksi

Pada mayoritas pada anak anjing dan anjing dewasa gejalanya tidak muncul., Perpindahan cacing betina dari rectum kemudian anus untuk meletakan telur telurnya, diusus bagian dalam saat malam hari bisa menghasilkan rasa mules .Kadang kadang infeksi kedua terjadi karna kulit anus digaruk, pada hewan betina cacing pipih bisa menyebabkan pembengkakan bibir vagina selama perpindahan dari anus.
Cacing pipih atau telur telurnya bisa juga dideteksi ditempat lain seperti liver dan paru paru..
Manifestasi klinis yang lebih jarang mencakup radang di saluran sel telur (falopi) dan pembentukan granuloma di saluran usus

Metode Diagnosis

Diagnosis mestinya jika anjing menggarukan unus / dubur di lantai atau ditanah, tempat cacing pipih tinggal, mengambil cairan feces atau lender yang keluar dari anus adalah bukti terkuat bagi pembuktian keberadaan cacing pipih.
Terbaik yang bisa diambil untuk sample adalah pagi hari sebelum mandi, karena sesudah itu ,cacing pipih berpindah keluar, microskopi terhadap feces bisa dilakukan kendati telurnya mungkin tudak ditemukan selain hanya cacing cacing dewasa.

Periode Inkubasi

Siklus hidup cacing pipih sekitar 2-6 minggu, Telur yang mengandung embrio tidak begitu efektif dalam beberapa jam setelah dikeluarkan, cacing pipih jantan dan betina beragam dalam ukurannya antara 1-13 mm panjang, dan 0,5 mm lebarnya, berwarna kuning keputihan, Ekor yang lebih panjang dan runcing,untuk membedakan cacing betina dan cacing jantannya.

Cara Kemunculan

Penyakit cacing pipih adalah parasit paling umum diwilayah sedang dan beriklim lembab, Infeksi ini bisa ditemukan diseluruh dunia dan mempengaruhi semua kelompok social ekonomi.
Tapi wilaya yang paling banyak khususnya adalah negri tropis,bahkan disuatu Negara jumlah anjing yang terserang mencapai 90 % dari populasi anjing.

Pembawa Penyakit

Cacing pipih menyerang pada semua hewan

Metode Penyebaran

Penyakit cacing pipih ini ditularkan lewat perpindahan langsung telur yang terinfeksi dari anus kemulut dari individu yang berbeda atau yang sama,
Penyakit ini bisa juga ditularkan secara langsung lewat makanan minuman kandang serta benda benda lain.
Penularan terhadap manusia

Infeksi cacing pipih terus menyebar selama cacing cacing ini menaruh telur telurnya, Setiap telur bisa bertahan beberapa hari dalam kondisi yang tepat, Reinfeksi dari tangan yang terkontaminasi telur cacing sudah biasa terjadi.

Cara Penanggulangan dan Langkah langka pencegahan

• Tidak lain dengan merawat kebersihan kandang serta tempat makanan dan minumnya
• Pemberian Obat cacing albendazole +Levamisole secara rutin seumur hidup anjing atau hewan peliharaan.
• Bagi pemelihara hendaknya bersihkan diri atau mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaannya.bersihkan lantai dengan obat pembersih lantai apa bila melihat hewan peliharaannya meng gosok gosokan duburnya dilantai, agar lantai bersih dari telur telur cacing pipih yang tertinggal dilantai.

Cara Menyembuhkan

Obat cacing yang mempunyai bahan baku
Albendazole + levamisole yang terbukti sangat ampuh membasmi semua jenis cacing secara antelmintik.


Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman sejak tahun 1998 dalam perawatan anjing kesayangan,serta dapat dipertanggung jawabkan

Tidak ada komentar: