e

Minggu, 06 September 2009

"PARAINFLUENZA TYPE-2 - Anjing pilek/Anjing batuk"

PARAINFLUENZA TYPE-2

INFLUENZA
Penyebab Utama adalah Virus.

Oleh Darryl
Influenza adalah penyakit pernafasan akut,Simtomnya mencakup demam,nyerih pada seluruh otot, lesu, terganggunya membrane hidung dan tenggorokan.sehingga anjing merasakan sulit untuk menelan makanan serta batuk batuk.
Inveksi pada anak anjing biasanya juga dikaitkan dengan simtom simtom gastrointestinal seperti hilangnya selera makan, muntah dan deare, Khususnya batuk sangat menyiksa pada anak anjing maupun pada anjing dewasa dan menjadi simtom paling menyolok.
Biasanya simtom ini meredah setelah 7 hari meskipun batuknya masih bertahan lebih lama,Komplikasi dari influenza mencakup infeksi bagian tengah telinga.. Pneumonia bakteri sekunder dan penurunan stamina tubuh jika dibiarkan menahun (menjadi kronis)

Ketika anjing yang terkena wabah influenza menunjukan simtom awal sampai 39 derajat celcius..plus minimum satu simtom sistemik seperti batuk dan kemungkinan besar sudah terinfeksi influenza..

Virus influenza ini mempunyai masa inkubasi berlangsung sampai 4 hari

Virus Influenza muncul sebagai pandemic, epidemic, wabah maupun kasus yang sporadic, gangguan yang lebih berat dari dan komplikasi seperti pneumonia oleh bakteri dan virus dan muncul pada anjing yang mempunyai system kekebalan tubuhnya menurun karna penyakit yang kronis.

Di daerah yang bersuhu sedang, Influenza muncul dimusim penghujan atau dipergantian musim.
Namun wabah dan kasus sporadic bisa muncul kapan saja.

Sebagian besar pathogen influenza bagi anjing berasal dari type 2. type 1 bertanggung jawab bagi penyebaran epidemic dan pandemic, sedangkan type 2 tidak begitu sering diasosiasikan dengan epidemic regional

Penyebaran utama adalah lewat udara yaitu system pernafasan, tapi bisa juga lewat kontak air liur disesama anjing .
Sistem penularan brlangsung selama 4-5 hari sejak simtom klinis muncul pada anjing dewasa.dan di anjing anakan.

Daya tahan anjing terhadap penularan,
Ketika subtype baru muncul, semua anjing rentan terhadap infeksi influenza ,kecuali anjing yang sudah mempunyai anti bodi dan ini kalau suptipenya cocok. Dan kekebalan dimiliki tidak tentu waktunya, tergantung kekebalan tubuh si anjing itu sendiri.
Untuk penyebuhan tergantung dari intensitas dan jumlah penyakitnya serta situasi wabahnya.

Langkah langkah pencegahan
Memberikan Vaccine sebelum anjing terkena virus dan wabah penyakit influenza.
Pemberian Vaccine diulang setiap tahun maximal.

Anjing yang system kekebalan tubuhnya terganggu kemungkinan besar akan terserang penyakit influenza yang kronis dan mematikan anjing. ( diantaranya Distemper)

Cara penyembuhan.

Jika anjing yang terkena influenza tipe 2 dan memiiki simtom positip penghambat neuroaminidase nya, diberikan antibiotic maximal 36 jam sejak terpapar.dengan antibiotic yang mengandung doxycycykline monohidrat, serta anti virus.juga dengan memberikan penyuntikan Vitamin C.
Pemberian multi vitamin yang mengandung metabulisme( Provits) sangatlah diperlukan guna mengembalikan kondisi kelemahan anjing dan mencegah timbulnya stress serta mempercepat proses penyembuhan anjing itu sendiri

Dilarang keras memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis,Atau menghilangkan nama penulis

Tidak ada komentar: