e

Minggu, 06 September 2009

"PILEK MENJADIKAN MASALAH DISTEMPER DI ANJING- Distemper/Hepatitis/Parainfluenza/Anjing pilek"

PILEK MENJADIKAN MASALAH DISTEMPER DI ANJING

Oleh Darryl
 
Penyakit pilek pada anjing sampai saat ini sangatlah membingungkan dan merepotkan para penyayang anjing sampai saat ini.,dimana pemilik sangatlah dibuat kesulitan dalam hal penciuman anjingnya yang sedang terkena pilek.
Banyak pemilik anjing tidak mengerti apakah anjingnya sedang pilek atau tidak,dan bagaimana kejadian bila anjing sedang terkena serangan penyakit pilek ?

Dikarnakan anjing makan berdasarkan aroma makanan,jadi apabila anjing yang sedang pilek, dia tidak bisa mencium aroma makanannya.banyak penyayang anjing mengatakan bahwa anjingnya bosan dengan makanan yang biasanya diberikan setiap harinya (dogfood), bahkan ada yang mengganti makanannya dengan daging kaleng atau daging rebus, ternyata si anjing tetap juga tidak mau memakan makanan daging kaleng atau daging rebus tersebut.
Bila anjing anda terjadi demikian setidaknya pemilik memeriksa keadaan anjing peliharaannya , apakah benar si anjing sedang menderita penyakit pilek yang mengakibatkan fatal pada penciuman anjing apa bila tidak diobati dengan segera dikarnakan anjing tersebut tidak makan dalam waktu yang panjang.

Apa lagi untuk anak anjing disaat umur 1 bulan sampai umur 5 bulan , anak anjing tersebut sangatlah rawan dalam hal penyakit pilek tersebut,maka hendaknya kita harus selalu waspada terhadap anak anjing yang sedang kita rawat, dikarnakan kondisi anak anjing dalam keadaan masih sangatlah rentan terhadap penyakit apapun.
Apa bila pilek yang masih baru timbul tidak segerah ditangani dengan baik dan berkepanjangan, maka timbullah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas yang disebabkan berkembangnya virus dan bakteri bahkan jamur didalam saluran pernafasan bagian atas sampai mengeluarkan lender putih yang kelamaan menjadi berwarna hijau.
Bahkan timbulnya belekan pada mata yang berlebihan.
Jika anak anjing sudah dalam keadaan demikian , maka ini pertanda sudah mulai terjangkitnya penyakit distemper yang bila tidak ditangani dengan segerah menimbulkan kematian pada anak anjing tersebut. Dan biasanya penyakit distemper ini banyak terjangkit pada anakan berusia diantara 10 sampai 15 minggu

Jalan keluar yang baik adalah mem vaccine anak anjing tersebut disaat umur 7 minggu dengan menggunakan vaccine yang terdiri dari Varvo , Distemper , Hepatitis, Parainfluenza Tapi ingat bahwa dalam memvaccine anak anjing harus benar benar anak anjing dalam keadaan sehat, tidak dalam terjangkit penyakit apapun,karna vaccine adalah Virus, berarti kita memasukan virus kedalam tubuh anak anjing tersebut

Tapi dengan telah di vaccine nya anak anjing tersebut juga tidak menjamin bahwa anak anjing tidak terserangnya penyakit distemper dan inlfuenza tersebut.dikarnakan faktor kekebalan tubuh belum benar benar kuat atau stabil.

Jalan terbaik adalah kita sebagai penyayang anjing selalu memeriksa keadaan anjing setiap hari agar kondisi anjing selalu dalam keadaan sehat.terutama kondisi penciuman anak anjing ataupun yang dewasa .
Apa bila kita melihat hidung anjing kita basah yang berlebihan, maka kita harus mulai mencurigai keadaan anjing tersebut.
Untuk meyakinkan apakah anjing tersebut sedang terserang pilek , maka ambillah senter,
Serterlah kebagian dalam lubang hidungnya, apabila kita melihat keluarnya air bening yang berlebihan sehingga membasahi hidung anjing berlebihan berarti kita boleh yakin dengan keadaan pilek tersebut.

Maka segeralah memberikan pengobatan terhadap anjing kesayangan tersebut agar tidak berkepanjangan yang menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan anjing.

Untuk pilek awal seperti ini, cukup kita memberikan obat pilek yang digunakan manusia.(perhatikan pemakaian dosisnya)
Juga di ikuti dengan obat anti alergi yang khusus untuk saluran pernafasan.
Berikanlah antibiotik yang berfungsi untuk saluran pernafasan atas dan bawah.
Berikanlah multi vitamin yang yang dilengkapi dengan asam amino.seperti PROVITSJika kita tidak mengerti dalam hal pengobatan , segeralah konsultasikan penyakit anjing anda kepada yang dipercaya.

Bila sampai timbulnya lender hijau , maka kita harus menggunakan antibiotik yang khusus dan obat anti virus khusus untuk saluran pernafasan serta penyuntikan vitamin C selama 5 hari berturut. Untuk mencegah penyakit distemper yang berkepanjangan dan akhirnya menimbulkan kematian pada anjing atau cacat disaat terjadi kejang.

NB : vaccine kanlah anak anjing sejak :
umur 7 minggu dengan Varvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza
umur 10 minggu dengan Varvo.Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, Leptospirosis.
umur 14 minggu dengan Varvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, Leptospirosis, Rabies

Pem vaccine nan ulang dilakukan sebaiknya setiap tahun.

artkel ini dibuat berdasarkan pengalaman selama sekian tahun dalam merawat anjing sendiri dari anakan sampai dewasa serta dapat dipertanggung jawabkan.

Dilarang keras memindahkan artikel ini ke web lain ,tanpa izin penulis atau menghilangkan nama penulis

Tidak ada komentar: