e

Minggu, 06 September 2009

"PROGRAM VAKSINASI-Kennel anjing/Kucing/Hewan/Artikel kesehatan hewan"


MENCEGAH DENGAN VAKSINASI DAN PROGRAM VAKSINASI
Cara vaccine anjing,Program vaccine
Oleh Darryl

Kita sebagai penyayang hewan sampai saat ini kadang kala tidak mengerti mengapa Anjing yang kita pelihara harus menjalankan VAKSINASI .
Karna ada beberapa macam penyakit menular yang umumnya menjalar di anjing yang perlu diwaspadai oleh kita sebagai pemelihara diantaranya adalah : - Canine Parvovirosus ,- canine Distemper, - Canine Hepatitis,- Canine Leptospirosis,dan Para Influenza serta Rabies.
Semua penyakit ini disebabkan oleh Virus,Disamping itu ada juga penyakit yang disebabkan oleh Bakteri dan jamur.

Untuk pencegahan terhadap penyakit penyakit yang membayakan pada hewan kesayangan kita, maka Vaccine merupakan tindakan yang sangat bijaksana dalam pemberian kepada hewan kesayangan kita.
Menurut pengalaman Tindakan Vaksinasi relative efektif dalam menurunkan tertularnya pada anjing , namun hal ini juga perlu didukung oleh pemelihara dengan cara memelihara peliharaannya dengan benar dan baik.

Enam macam pencegahan penyakit

Ada enam penyakit yang dapat dicegah dengan Vaksinasi, Tiga diantara dari enam penyakit tersebut adalah Leptospirosis , Hepatitis dan Rabies yang bersifat ZOONOSIS atau dapat menular kepada manusia,
Anak Anjing menerima vaksinasi terhadap penyakit tersebut, secara bertahap sesuai dengan perkembangan dan kondisi.

Dengan memberikan Vaksinasi menurut program yang baik, maka kemungkinan hewan kesayangan terinfeksi oleh penyakit akan terhindar atau berkurang.
Terlebih dengan pemeliharaan yang baik ,Maka kesehatan hewan tersebut akan lebih terjamin lagi

Ras apa Yang harus Di Vaccine ?

Pada dasarnya semua anjing harus divaksinasi agar terhindar dari penyakit penyakit tersebut diatas,dan juga terhadap anjing anjing blasteran atau campuran bahkan anjing kampung sekalipun.tetap harus menjalankan vaksinasi.

Anggapan anjing blasteran atau anjing kampung tidak memerlukan Vaksinasi sebenarnya tidak tepat.
Karna semua penyakit ini tetap dapat menyerang kepada semua ras anjing tanpa pengecualian, bahkan beberapa penyakit tersebut berakibat fatal terhadap anjing.

Bagaimana membeli Anjing bila belum Di Vaccine ?

Anjing yang baru dibeli dari peternak atau dimana saja, sebaiknya kita menanyakan apakah anak atau anjing tersebut sudah dalam keadaan divaksin, dan sampai dimana jenis vaksinnya, Apa bila menemukan belum menjalankan Vaksinasi kita tidak perlu khawatir terhadap anjing tersebut, yang terpenting kita tahu bagaimana persiapan pada saat anak atau anjing tersebut untuk menjalankan vaksinasinya,

Anjing yang baru dibeli sebaiknya jangan langsung diberikan Vaksinasi,akan tetapi biarkan anak atau anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita agar anak atau anjing tersebut beradaptasi dirumah kita,karna selama dalam waktu tersebut anak atau anjing tersebut sedang beradaptasi dan biasanya mengalami stress yang berat disaat berpindah tempat.

Jalan terbaik adalah berikan multi vitamin dan mineral
introvit 4 + WS yang dilengkapi dengan asam amino, untuk mengurangi stress dan mempercepat adaptasi ditempat yang barunya,
Dengan pemberian asam amino sangat penting guna membantu merangsang nafsu makannya,karna setiap anak atau anjing yang berpindah tempat dan beradaptasi biasanya nafsu makannya menurun,sehingga dengan menurunnya nafsu makan anjing tersebut berarti menurunnya juga kondisi anjing tersebut ditempat yang baru.,

Apa yang harus kita lakukan ?

Pemberian obat cacing adalah kunci utama dalam kesehatan anjing dan program vaksinasi, gunakan obat cacing Albendazole + Levamisole yang dapat membasmi cacing cacing jaringan tubuh, agar anak atau anjing tersebut terbebas dari cacing cacing jaringan tubuh yang mempunyai sifat parasid penghisap darah yang menyebabkan berkurangnya sel sel darah merah dan terjadinya anemia serta mudahnya terinfeksi terhadap anjing tersebut yang menjadikan kelemahan anjing tersebut dalam proses ber adaptasi ditempat yang baru.

Dalam program sebaiknya dipersiapkan dengan pemberian introvit-E-selen, Yang mana semua ini berfungsi melindungi pada kerusakan akibat oksidasi oleh Hidrogen perioksida Perlindungan terhadap sel sel ke kebalan membuat anjing mampu menghasilkan zat kekebalan dalam jumlah dan kwalitas optimal pada saat program Vaccine

Pemberian INTRAVER 200 sangat juga diperlukan semua ini berguna sebagai pencegahan anemia dan mudahnya terjadi macam infeksi pada anjing tersebut sebelum pemvasinan.
Kondisikan anak atau anjing tersebut selama 1(satu) atau 2 (dua) minggu dirumah kita selama persiapan vaksinasi.

Janganlah setelah pemberian obat cacing dan besoknya langsung diberikan vaksinasi, karna setiap pemberian obat cacing setidaknya anjing mengalami stress ringan,tunggulah minimum 5(lima) sampai 7 (tujuh) hari. Setelah pemberian obat cacing baru kita memberikan Vaksinasi.
Karna biasanya obat cacing bekerja selama 3(tiga)hari didalam tubuh anak atau anjing tersebut.

Yakinkan kondisi anak Atau anjing tersebut dalam kondisi bebas dari penyakit dan sudah benar benar beradaptasi ditempat yang baru, karna Vaksin hanya dapat digunakan pada anak atau anjing yang benar benar dalam kondisi sehat
Apa bila setelah pemberian Vaksin dan ternyata timbulnya penyakit mis deare, muntah muntah atau yang lainnya, berarti dalam waktu pemberian vaksinasi kondisi anjing dalam keadaan kondisi tidak sehat, Maka dengan demikan Vaksinasi yang kita berikan gagal total dan vaksinasi tidak berfungsi yang kita harapkan.

Antibody atau ingkubasi vaksin baru akan tercapai maksimal setelah 14(empat belas) hari setelah vaksinasi diberikan. Oleh karna itu anjing yang baru divaksinasi harus benar benar diperhatikan dalam pemeliharaannya.dan selalu dengan kondisi sehat.
Anak atau anjing tidak boleh dimandikan atau diberikan obat yang berbahan yang bersifat mematikan virus, Dasarnya obat tersebut akan menyebabkan Inefektivitas kerja vaksin.
Bila memang harus dimandikan atau dibersihkan sebaiknya menggunakan shampoo kering, atau dilap dengan lap basah dan langsung dikeringkan.

Anjing yang baru atau dalam program di Vaksinasi sebaiknya dihindarkan kontak dengan anjing sakit atau yang belum jelas status keadaannya, terutama 2 (dua) minggu sebelum / setelah Vaksinasi.
Anjing seusai vaksinasi sebaiknya ditempatkan pada lingkungan yang terhindar dari terpaan angin secara langsung, cuaca dingin , atau hujan agar tidak menyebabkan penurunan stamina Anjing

Yang harus dihindarkan setelah Vaccine

Setelah pemberian Vaksinasi anak atau anjing tidak boleh dipindahkan kelingkungan yang baru atau menempuh perjalanan jauh.
Karna membuat anak atau anjing yang baru divaksin menjadikan kondisi stamina yang menurun dikarnakan stress, yang membuat vaksin menjadi gagal.

Artikel ini dibuat berdasarkan Pengetahuan dan pengalaman sejak tahun 1998 dalam perawatan anak anjing hingga dewasa, dan dapat dipertanggung jawabkan.


Dilarang Keras mengutip atau memindahkan Artikel ini ke WEB lain tanpa izin penulis,atau menghilangkan nama penulis

Tidak ada komentar: