e

Minggu, 06 September 2009

"FUNGSI MINERAL BAGI TUBUH-Calcium phosporus/Mineral premix"

FUNGSI MINERAL BAGI TUBUH

Oleh Darryl

Semua mineral Yang ada didalam tubuh berfungsi banyak dan penting. Calcium dan Fhospor dipergunakan untuk membina tulang yang kuat. Tanpa bahan ini tubuh segera akan ambruk. Mineral yang lain berfungsi kira kira seperti busi mobil untuk reaksi kimia yang penting. Sedangkan yang lain membentuk persenyawaan yang rumit dengan dengan b erjenis jenis protein, dan dengan demikian diperlukan untuk susunan enzima didalam tubuh.
Berbagai jenis mineral terdapat didalam tubuh, kebanyakan dalam kadar yang sangat sedikit, Yang disebut Tracemetals.
Mineral lain seperti Cobalt dan tembaga penting bagi tubuh. Dan kita tidak tahu dengan pasti apa fungsi dari beberapa diantaranya. Tetapi ada empat jenis mineral yang utama : Calcium , Fhospor, Besi dan Jodium yang amat penting bagi tubuh baik untuk manusia maupun pada hewan termasuk anjing dan lainnya., Dalam hal ini sagat banyak sekali mineral yang diperlukan oleh tubuh. Itulah sebabnya makanan harus selalu mengandung bahan bahan ini, Kalau tidak lambat laun kita akan menjadi lemah dan sakit atau mudah terserang penyakit.

Fungsi Yodium

Sebenarnya dalam tubuh kita terdapat hanya sedikit sekali Jodium , tetapi adanya zat ini penting untuk kesehatan. Banyak hal dapat terjadi bila Jodium didalam tubuh hilang keseimbangannya, Seperti halnya dengan segala mineral yang lain. Yodium terdapat dalam makanan yang kita makan. Dari saluran pencernaan , Yodium masuk kedalam aliran darah dan segerah diterima oleh kelenjar gondok, Kelenjar gondok ialah kelenjar yang agak besar yang terdapat pada leher muka bagian bawah Pomum Ademi.

Disitulah Yodium diubah menjadi troksin, suatu hormone yang kuat dengan banyak fungsi penting diseluruh tubuh. Tiroksin mengatur semua aktivitas bermacam macam alat tubuh, mengontrol cepatnya pertrumbuhan badan, bahkan mempengaruhi lamanya hidupHewan atau orang yang kekurangan tiroksin mudah merasa dingin, Sebaliknya, mereka yang kelebihan tiroksin mungkin merasa terlalu panas.

Kelenjar gondok juga mengontrol keadaan kulit. Bila Hewan atau orang kekurangan horman yang diproduksinya, kelopak matanya menjadi kembung, dan mukanya tampak suram dan lesu. Pada hewan bulu kering , kasar dan kaku. Suara parau tidak terang.
Dalam indukan hamil Yodium ini sangatlah diperlukan selain dibutuhkan induk juga pada anak yang dikandungnya.Untuk hewan tua dia mengambil jodium dari sisa umur hidupnya.

Manfaat Vitamin

Mungkin ada orang akan heran bila mengetahui bahwa vitamin bukannya makanan, bukan pula yang disebut pengganti makanan, Jika kita tidak makan apa apa kecuali vitamin saja, kita segera akan mati kelaparan, Vitamin tidakmemberikan tenaga , dan tidak pula membangun jaringan yang sudah rusak, Mesikipun demikian tanpa vitamin kita tidak dapat hidup.
Vitamin perlu dan memegang peranan dalam dalam semua reaksi kimia yang penting didalam tubuh demikian juga pada hewan sebagai mahluk hidup.

Kebanyakan reaksi sel diteruskan melalui enzim, tiap tiap enzim,Tiap tiap enzim bertanggung jawab terhadap beberapa reaksi kimia sendiri.
Enzim terdiri dari persenyawaan vitamin dan mineral, Semuanya bersatu padu dalam keadaan yang amat sukar diselami. JIka hanya satu vitamin yang hilang, Enzima itu tidak dapat dibentuk. Dan beberapa fungsi tubuh yang penting tidak dapat dilaksanakan. Inilah sebabnya mengapa vitamin amat perlu untuk kesehatan.

Dari manakah asalnya vitamin ? Mula mula sekali, Vitamin itu dibentuk di dalam tanaman dan terdapat didalam semua makanan segar. Tetapi beberapa vitamin mudah hilang bila dimasak terlalu lama, terutama vitamin C. Mengeringkan atau membiarkan makanan di panas mata hari dan angina dapatmengakibatkan hilangnya vitamin.Vitamin lain tidak mudah rusak dan dapat tahan bila dimasak dan direbus tanpa mengalami perubahan. Tetapi baik vitamin maupun mineral banyak yang dibuang sesudah makanan dimasak. Hal inilah yang harus dipahami, Dari pada membuang zat makanan itu

Vitamin berfungsi dalam berbagai cara, dan sering erat sekali hubungan dengan yang lain dalam reaksinya didalam tubuh, Kebanyakan vitamin tidak terdapat sendirian didalam makanan, Melainkan berpasang pasangan, sehingga jika yang satu tidak ada, yang lain juga tidak ada. Kita hanya dapat meringkaskan fungsinya yang sebenarnya didalam tubuh baik dimanusia maupun di hewan peliharaan.

Untuk memenuhi kebutuhan multi Vitamin pada hewan peliharaan dapat diberikan
Provits yang terdiri dari 13 vitamin dan dilengkapi dengan 18 asam amino, jenis vitamin ini tidak terdapat di merek merek lain yang beredar dipasaran , dan vitamin Import ini terdaftar di asosiasi obat hewan indonesia .

Dilarang keras memindahkan artikel ini ke web lain tanpa izin penulis,Atau menghilangkan nama penulis

Tidak ada komentar: